:::: MENU ::::

Tuesday, February 13, 2018


Zaman sekarang, sepertinya semakin banyak orang yang justru bangga dengan sifat tidak bertanggung jawabnya. Biasanya, orang yang tidak bertanggung jawab memiliki banyak sifat yang bisa menjadikan dia "patokan" sebagai orang yang tidak bertanggung jawab.

Kenali ciri-ciri dibawah ini agar kamu bisa lebih cerdas dalam mempercayai kerabatmu!


1. Tidak Tepat Waktu
Orang yang tidak pernah tepat waktu, umumnya adalah orang yang tidak bertanggung jawab. Orang seperti ini memiliki banyak alasan seperti tidak bisa bangun pagi, tidur terlalu malam, terlalu lelah dan beralasan lebih senang begadang. Orang seperti ini umumnya akan menganggap orang-orang yang sanggup bangun pagi dengan sebutan "orang kelewat rajin" dan tidak pernah mau memperbaiki diri. Padahal, tepat waktu bisa dilakukan meski keadaan fisik sedang lelah atau jalanan macet sekalipun. Orang-orang yang bertanggung jawab, akan berusaha menghindari macet atau bangun lebih pagi untuk menjadi orang yang tepat waktu. Mereka tidak akan membiarkan orang lain menunggu terlalu lama. Tepat waktu, tandanya profesionalitas. Apabila seseorang sering sekali beralasan dan terlambat, jelas ia tidak memiliki kualitas diri yang baik dan dispilin yang rendah. Orang yang tidak tepat waktu biasanya akan banyak beralasan macam-macam agar ia "dimaklumi". Seseorang dengan kepribadian seperti ini tidak bisa dikatakan sebagai sosok yang bertanggung jawab, karena apabila ia sudah gagal dalam tanggung jawabnya terhadap diri sendiri dengan datang tepat waktu, maka ia tidak akan mau repot-repot bertanggung jawab terhadap pekerjaan penting lain.

2. Memiliki Banyak Alasan, Sering Menyalahkan Keadaan dan Orang-Orang Sekeliling
Orang yang tidak bertanggung jawab umumnya memiliki seribu alasan terhadap kegagalan yang dia buat. Orang jenis ini biasanya akan  menyalahkan orang-orang disekelilingnya yang mengakibatkan dirinya gagal. Padahal, bila ia benar-benar memiliki goal hidup, ia tidak akan bisa dilangkahi orang karena ia memiliki integritas dan tanggung jawab yang besar. Orang yang memiliki rasa tanggung jawab yang besar tidak akan bisa gagal hanya dikarenakan orang-orang disekeliling yang ingin drag down dirinya. Ia akan selalu menemukan cara dan orang-orang akan selalu mengandalkannya. Namun, apabila orang yang kamu temui memiliki banyak alasan dan menyalahkan situasi atas keadaan buruknya sekarang, maka ia bukan orang yang bertanggung jawab atas pilihannya sendiri.

Menjadi bertanggung jawab, artinya ia menerima segala konsekuensi terhadap pilihan hidupnya. Baik hal yang buruk maupun hal baik. Bila terdapat rintangan, orang yang bertanggung jawab akan mencoba menyelesaikan masalahnya dengan berfikir, bukan mengeluh tentang keadaan.

3. Sirik Terhadap Kesuksesan Orang Lain
Orang yang tidak bertanggung jawab biasanya akan mudah sirik terhadap kesuksesan orang lain. Malah kalau bisa, ia akan menghancurkan kesuksesan orang tersebut agar menjadi orang gagal dalam dirinya. Ia akan mulai banyak mengkritik tentang kesuksesan seseorang dan melihatnya dari perspektif negatif. Ia akan menilai si A sukses karena menjilat atasan, si B sukses karena memiliki koneksi dan lain-lain. 

Orang yang bertanggung jawab tidak akan menyibukkan pikirannya dengan hal-hal negatif. Ia akan banyak berfikir "mengapa si A sukses?" "apa yang membuatnya sukses?" "apa yang harus saya lakukan agar bisa seperti dia?". Orang bertanggung jawab akan menganalisa faktor kesuksesan orang dan belajar dari pengalaman orang tersebut.

Bahkan apabila memang orang sukses tersebut sukses dikarenakan koneksi orang dalam, atau menjilat atasan, orang bertanggung jawab tidak akan sibuk memikirkan hal itu. Ia akan lebih sibuk berfikir "bagaimana saya bisa lebih sukses dibanding dia?" "haruskah saya mencari peluang lain yang lebih melihat kualitas diri saya?". 

4. Talk More, Do Less
Tidak semua orang yang tidak bertanggung jawab memiliki pribadi yang pemalas.
Beberapa bahkan ada yang "terlihat" ahli dalam bidangnya.
Ia berbicara sangat panjang dan berapi-api soal strategi dan rencananya. Ia bersemangat dan sibuk membagi bagian kerja dengan partnernya.
Namun pada ia harus membuktikan atau melakukan segala rencana yang telah ia katakan, ia diam.
No action.
Ia akan menunggu orang lain yang melakukannya.

5. Tidak Memiliki Kepribadian Yang Pasti, Labil dan Muka Dua
Orang yang tidak bertanggung jawab umumnya adalah manusia tanpa karakter. Ia akan mengikuti kemauan banyak orang tanpa melihat kemampuan dan keinginan dia sendiri. Pada saat seseorang ingin pindah ke bidang pekerjaan lain, ia akan mengikuti pilihan orang tersebut dengan harapan akan mendapatkan "cipratan" kesuksesan yang sama. Ia tidak memiliki pilihan sendiri. Ia akan transparant, tanpa warna.

Ketika orang lain menjadi merah, dia akan menjadi merah.
Ketika orang lain menjadi biru, dia akan menjadi biru.
Namun ketika ia menyadari bahwa menjadi biru tidak menguntungkan, ia akan mencari "warna" lain yang menguntungkan dirinya tanpa bertanggung jawab terhadap pilihannya menjadi biru.

Orang tidak bertanggung jawab biasanya juga sangat lambat dalam menentukan keputusan.
Ia malas berfikir.
Ia akan selalu berkata "hm bagaimana ya...." atau "aduh saya bingung" dan meminta orang lain untuk membuat keputusan untuk dirinya. Ia tidak mau berfikir apa yang harus ia lakukan terhadap hidupnya. Ia bahkan tidak mau repot-repot berfikir untuk pilihan hidupnya sendiri.

Orang tidak bertanggung jawab juga umumnya tidak suka konfrontasi. Ia tidak suka ribut, ia banyak muka dua didepan banyak orang karena ia tidak ingin di cap sebagai "pribadi yang buruk". Padahal, tidak selamanya adu pendapat itu negatif. Orang tidak bertanggung jawab tidak pernah repot-repot mempertahankan kalimatnya yang telah terucap. Ia mengatakan apapun yang ia mau katakan saat itu dan melupakannya 1 detik kemudian. 

6. Menuntut Hak Terlebih Dahulu dan Hak Adalah Prioritasnya
Orang tidak bertanggung jawab umumnya sangat cerewet membahas "keuntungan" atau "hak" atau "popularitas" yang akan ia dapatkan. Ia tidak mau pusing-pusing membicarakan planning atau strategi kesuksesannya.
Ia tidak peduli.
Ia tidak mau mengerjakan itu dalam pikirannya.
Prioritasnya adalah apa hak saya? kapan saya bisa mendapatkan hak saya? apakah saya bisa dapat untung lebih besar? bisakah saya mendapatkan hak saya terlebih dulu? jangan lama-lama berstrategi, saya tidak suka itu, ayo sebutkan hak saya!

Apabila kamu memiliki seorang teman atau kerabat kantor yang memiliki sifat diatas, jangan terlalu mempercayai orang tersebut, 6 ciri-ciri diatas adalah ciri-ciri umum orang yang tidak bertanggung jawab. Hindarilah selagi memungkinkan karena orang-orang dengan ciri-ciri diatas biasanya hanya akan menjadi benalu bagi kinerja anda.

Selalu menjadi orang bertanggung jawab dan selective pada saat mempercayai seseorang untuk melakukan tanggung jawab besar.

2 comments:

A call-to-action text Contact us