:::: MENU ::::

Thursday, March 16, 2017

Selamat sore para pembaca
Kali ini saya akan share beberapa tips yang bisa anda lakukan apabila earphone favorit anda kemasukkan air.
Kan sering tuh ya, headset ditaro di kantong, trus lupa diambil eh udah keburu kecemplung ke air cucian hahahah

Ok, gapake lama, langsung aja yuk, berikut tips - tips nya.


1. Jemur Dibawah Matahari
Hal paling sederhana yang bisa kamu lakukan pertama yaitu sama hal nya dengan baju, yaitu menjemur headset kamu dibawah paparan sinar matahari. Usahakan, pada saat menjemur, kamu menggantung earphone kamu (bisa di hanger jemuran, di pagar dll) supaya air yang sudah terlanjur masuk dalam earphone kamu tidak terendam di dalam dan dapat dikeringkan. Hal ini jauh lebih efektif dibanding kamu menjemurnya dengan cara dibaringkan atau diletakkan begitu saja. 


2. Gunakan Hairdryer/Kipas Angin
Udah dijemur masih dirasa gaenak juga? Jadi merasa ada kresek - kreseknya gitu dan suaranya ga sejernih yang dulu?
Gunakan hairdryer atau kipas angin. Kamu dapat mengarahkan hairdryer kecil (kecil ya, gausah yang gede - gede) dengan kekuatan hairdryer yang minimum. Haruskah minimum? kenapa ga pake kekuatan yang maksimum sehingga lebih cepat kering? Memang, kekuatan maksimum pada hairdryer bisa bikin lebih cepat kering, namun bila terlalu keras, hal yang ditakuti bukannya earphone ada kering, namun serabut tipis yang berada di dalam earphone malah putus.
Ga punya hairdryer gimana dong?
Bisa pake kipas angin. 

3. Beras
Udah di jemur, udah di hairdryer + kipas angin, tapi masih ada air di dalam earphone nih. Suara masih kurang enak, hati udah kepengen beli yang baru.
Eits' jangan menyerah.
Hal terakhir yang bisa kamu lakukan adalah menggunakan beras.
Beras? Iya beras. Beras itu memiliki kemampuan untuk menyerap air yang tinggi. Jadi, ketika kamu memiliki masalah kemasukkan air pada earphone, kamu bisa mencobanya dengan beras.
Caranya?
Simple, cukup timbun headset kamu di dalam beras selama 1 - 2 hari (tergantung dari seberapa banyak air yang terkandung di dalam earphone kamu).
Setelah di timbun beras, jangan lupa sebelum kamu pakai, kamu bersihkan dulu earphone kamu dari debu - debu beras. Ya jaga - jaga, siapa tahu ada kutu beras nyempil hehe
Cara ini saya tahu sangat ampuh, karena saya pernah coba sendiri hehehehe alhasil? earphone saya kembali normal seperti sedia kala.

Wah kalau masih jelek juga suaranya gimana?
Kemungkinan, earphone kamu sudah terlalu lama terendam air dan merusak serabut - serabut tipis di dalamnya sehingga sedikit mustahil untuk perbaiki, Kalau sudah begini, terpaksa beli baru wkwk
Nah buat yang baca postingan ini semoga bermanfaat dan semoga earphone anda bisa kembali seperti sedia kala kembali!^^

41 comments:

  1. Headset kesayangan masuk mesin cuci, ikut kecuci n 3 hari dijemur tp cuaca hujan, bs di pake tp, dia tiba2 bs ngedein volume sampek kaget krn poll kerasnya,,,,,, ampun dech

    ReplyDelete
  2. okee min , makasih sudah share solusinya
    https://otodiy.blogspot.com/2018/01/review-9070b-mp5-player-car-head-unit.html?showComment=1538191060265#c4688304232157959624

    ReplyDelete
  3. Headset ku masuk mesin cuci. Dan nggk ada suaranya. Blm di jemur sih. Tapi takut udh gak bisa dipake lagi

    ReplyDelete
  4. Min, klo headseat bluetooth bisa ngk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama nih, headset bluetooth jbl saya kecuci, baru sadar setelah besoknya dalam kondisi kering, masalahnya jadi mati total, tp klo di charge lampu indikatornya nyala.. masih bisa diselamatkan ngga ya?

      Delete
    2. Saya juga nih , headset bluetooth saya malah masuk ke wc . Kira - kira masih bisa diperbaiki gak ? Karena kalau gua cas lampu indikatornya juga masih nyala

      Delete
    3. Sma nih headset bluetooth gw jga , lgi dipake sma ponakan gw dia ny lgi mkn seblak ehh headset gw ny nyemplung ke seblak , suara ny jadi kecil donk,gw takut MLM ny mati.

      Delete
  5. headseat ku masuk mesin cuci. aku masukkin beras terus sampe tenggelem. mulai jam 9 pagi sampe 5 sore uda bisa dipake lagi kok :v

    ReplyDelete
  6. handset q kerendem rinso 30 mnt q pke buat tlp ,q denger suara org nya, tp yg d tlp gk dgr suara q,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku punya problem yg sama. Gimana yaa biar mic nya nyala lagi?

      Delete
    2. aku juga sama nih kak gimana nih ? kerendem gak ampe 30 menit tapi pake hair dyrer gak nyala jg coba diberas aku coba sampe 2hr semoga aja bisa kalo gak bisa yaa aku maklumkan tws i12 yg 35k di shopee ya ... Tapi nyesek bru beli 2hr soalnya

      Delete
  7. Kalo buat micnya bisa bener lagi gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo mic kayaknya agak susah deh, tapi dicoba aja dulu siapa tau bisa juga

      Delete
  8. Wduh pas kena air aku cobain lngsung,, eh lngsung mati,, apakh bisa diperbaiki... Ya tunggu ajalah besok...

    ReplyDelete
  9. Sepertinya teman teman dimasa lalu juga merasakan hal yang sama

    ReplyDelete
  10. Kalau headset iphone bisa gak ya kena air juga

    ReplyDelete
  11. Gw takuttt rusakkkkk ..baru dibeli uda kek giniian

    ReplyDelete
  12. Yang sebelah kiri kena air, udah ku kasih hairdryer tapi suaranya ga begitu jelas, nanti ku coba pakai beras, moga²bisa

    ReplyDelete
  13. Headset ku,kena air Kurleb 4-5 menit
    Pas di coba masih bisa awalnya,tiba" koneksi nya keputus ,trus pas coba di sambung on lagi ga bisa,nyala trus mati lagi

    Tapi anehnya perangkat nya masih ada pas di cek,trus juga pas di Cass nyala lampunya

    ReplyDelete
  14. Min gimana cara memperbaiki headset yg rusak kecuci,suara kita tidak terdengar keluar,hanya duara yg masuk ke kita yg terdengar,sedangkan suara kita tidak terdengar oleh lawan bicara.

    ReplyDelete
  15. Semalem ngalamin Tws Jabra elite 4 active saya ketumpahan air minum fungsi normal suara jadi kecil belom aku coba buat timbun beras

    ReplyDelete
  16. Kalau aku hisap headset ku sampai aku dapat air nya boleh nggak?

    ReplyDelete
  17. Headset bluetooth nya suami kerendem pas nyuci. Manaan lama banget kerendemnya. Auto nyari cara di google buat pertolongan pertama hahaha. Ini langsung kutimbun beras. Mudah2an bisa nyala ya

    ReplyDelete
  18. Hedset ku masuk mesin cuci
    😭😭😭😭

    ReplyDelete

A call-to-action text Contact us