:::: MENU ::::

Saturday, February 21, 2015

Sore semua, hari ini gue lagi rajin - rajin ngeposting nih hehehe
Kali ini, sesuai dengan judul diatas, gue bakal membahas beberapa hal tentang roleplayer.
Alesan kenapa gue bahas roleplayer adalah.....karena bahasan tentang roleplayer kayaknya masih dikit.
Dan masih ada beberapa orang yang belum tau apa itu roleplayer wkwk.
Gue bakal coba jelasin disini dengan bahasa gue, berhubung gue juga maen roleplayer hehehe

Semoga pada ngerti ye, amiiin wkwk
Roleplayer, atau yang biasanya di singkat menjadi RP adalah dunia dimana memparodikan idola favoritnya. Idola disini bisa apa aja. Bisa artis jepang, artis korea, karakter anime dll.

contoh tampilan acc rp pada twitter


Permainan roleplayer disini bisa dimaenin di social media macem twitter atau faceboook.
Bisa juga di bbm, wa, line, dan terakhir, gue pernah juga denger ada roleplayer di IG meski gue gatau maenan disana bakal kek apa.

Gue sendiri disini pernah nyobain beberapa jenis roleplayer.
Pernah nyobain jadi rp anime, rp jepang dan rp korea.
Tapi yang namanya double2 acc itu ribet, jadi gue lebih aktif di acc korea sedangkan di acc jepang & anime udeh kelaut gapernah gue urusin wkwk.

Cara join roleplayer gimana?
Gampang aja, bikin aja acc twitter baru dan pasang uname, dn, ava, background + header disitu idola yang kamu sukai. Misal nih, kamu ngefans banget sama Jiyeon atau sama Ariana Grande, trus kamu pengen maenin roleplayer pake chara (karakter) dia?
Yaudah, kamu pasa ava muka jiyeon, header muka jiyeon, background muka jiyeon daaan semuanya yang berbau Jiyeon (?)

Masalah username gimana?
Username (uname) ya tergantung dari chara yang kamu maenin, misal chara kamu jiyeon, mungkin username kamu bakal jadi kek @jiyeon93 atau @tarajiyeon, yaaaah whatever...asal ada "jiyeon" nya wkwk cuman, ada juga beberapa rp (biasanya sih rp korea) yang make unem jauh dari chara. Semisal kamu rp Jiyeon, kamu pake unem @fgurlsyeoja atau @xyeoja12 yang jelas - jelas ga nyambung sama chara. Kalo saya sih kurang suka sama unem begini. Unem rp biasanya macem - macem sih, kalo rp anime biasanya pake unem yg mendefinisikan ciri khas mereka. Semisal karakter mereka karakter anime berambut biru, jadi dia pake unemnya cem @bluhairboy blablbla gitu dah.

Trus di sana kita ngapain aja?
Kalo di dunia roleplayer itu, atau yang biasa kita sebut fakeworld, kamu bisa ngapain - ngapain aja disana. Biasanya sih sesuai dengan chara yang kamu maenin. Disana biasanya ada agensi (yang berupa acc twitter juga) yang bisa kamu ikutin dengan jadi membernya. Cara ngikutnya? setiap agensi biasanya ada rules tersendiri, jadi tanya aja adminnya.
Trus kalau gamau join agensi gimana? ya gapapa. Berarti kamu roleplayer no agent.
Kamu disana bisa ngobrol dengan sesama roleplayer.
Tujuan roleplayer sendiri sebetulnya buat membangun citra chara yang kamu maenin.
Misal kamu maenin chara Jiyeon, ya kamu bagaikan Jiyeon disitu, kamu bisa konser di tl, bisa ngobrol seputar idola kamu dan bisa share juga bareng roleplayer2 lain.

Temenan di roleplayer juga ga dibatasi chara sih.
Misalkan kamu rp korea mau temenan sama rp jepang atau rp anime ya bisa.
Cuman biasa tetep ada perbedaan antar rp, misalnya rp anime, mereka ada aturan sendiri dan agak beda dengan roleplayer korea.

rp anime biasa pake bracket.
Apa itu bracket? Jadi kalau kamu maen roleplayer itu, setiap kali kamu ngetweet, diibaratkan sebagai chara kamu yang bicara, bukan kamu. Paham ga?
Nih, misal chara kamu Ariana Grande, trus kamu ngetweet apa gitu, nah itu diibaratkan dengan Ariana Grande yang nulis, bukan kamu.
Trus kalo kita yang mau ngomong gimana?
Nah pake bracket. Macem ini -->> [[halo semua]]
Tanda ini [] namanya bracket. Bracket ga gitu doang sih. Ada yang () ada yang {}.
Terserah kamu mau pakai bracket yang mana.
Rp anime adalah rp yang paling sering pake bracket.
Soalnya mereka suka ngeplot. Nah, apa lagi tuh nge plot?
Ngeplot itu kek bikin alur cerita sendiri. Tapi kalau ngeplot, itu chara kamu yang maenin, dan kamu ga perlu pake bracket pas ngomong. Misal, chara kamu sasuke uchiha, kamu bikin plot sama roleplayer naruto, plotnya bertarung. Gitu wkwk seru ga?

Trus kalo rp korea atau jepang?
Biasanya sih rp korea/jepang/barat/indo ga pake bracket pas ngomong.
Kenapa? entahlah, budaya nya emang begitu kayaknya.

Di rp, kamu bisa melakukan banyak game virtual macem nikah di rp, prom night, konser (kalo chara kamu penyanyi) dsb. Kalo kamu mau nikah, biasanya kamu bakal punya couple (apatuh?) pacar weh pacar. Nah trus semisal kamu udah lama jadian ama couple kamu (6 bulan misalnya) trus mau nikah, ya monggo aja. Biasanya ada acc khusus sendiri yang khusus menyediakan jasa wedding (isinya MC, ngeditin undangan, ngeditin pict wedding dsb) jadi kita tinggal terima jadi. Para undangan sendiri berasal dari penghuni TL (time line) kamu. Semisal kamu ngundang fams, bestie gitu bhakk seru kan?

Oya' dalam roleplayer kamu harus tau beberapa singkatan ini :


  • Transgender [TG] : tg adalah silang gender. Misalkan kamu cewek, trus maenin chara cowok, berarti kamu TG gitu. Ada beberapa roleplayer yang ga suka dengan chara2 TG, namun beberapa bilang bahwa TG itu seru. Mau pilih yang mana? terserah pada pribadi masing - masing wkwk
  • OC : On character. Jadi misalkan kamu ngetweet "lagi di dorm nih" berarti kamu mengikuti seluruh aktivitas chara kamu. Dan jangan ngubar apa yang kamu lakukan di dunia nyata
  • OOC : Out of character. Disini kamu berarti ga sepenuhnya mengikuti kegiatan idola kamu. Kamu bisa menjadi apa adanya kamu tapi tetep ga boleh Over OOC. Over OOC tuh macem ini : "upacara panas" atau "besok piket, males" itu namanya over ooc, kalau mau ooc boleh asalkan jangan berlebihan
  • RL : real. Disini maksudnya real world kamu. Atau real kamu. Misalkan ada yang nanya "rl lo cewek apa cowok?" tandanya dia nanya kamu, bukan chara kamu
  • Mun : sama saja dengan RL. Biasa yang menyebut "mun" ini roleplayer anime
  • Parody : parody itu beda sama roleplayer. dia lebih bebas gitu deh
  • PA [personal acount] : itu acc asli kamu, bukan acc roleplayer. Misal ada yang ngetweet "tukeran pa?" itu artinya dia mau tukeran acc twitter pribadi kamu
  • SR [silent reader] : Jadi kamu diem aja ga ngetweet, ga mentionan, seolah - olah kamu ga on, padahal kamu on dan mantengin tl
  • TS [temporary swap] : biasanya yang suka TS itu rp anime, misalkan chara asli kamu Sasuke, tapi kamu mau rubah chara bentaran doang jadi Kaneki misalnya, trus ntarnya berubah lagi jadi Sasuke, itu namanya TS
  • Oplas/Ganchar/Swap : ganti chara. Berbeda dengan TS yang sifatnya hanya sementara, Ganchar/oplas/swap adalah kamu ganti chara sepenuhnya
  • Labil Chara : kondisi dimana kamu gonta ganti chara terlalu sering
  • Drama : kondisi dimana owner acc rp nge drama alias maen sinetron (beda ama plot ye). Semisal owner acc rp bohong punya penyakit leukimia biar ga di putusin kopelnya dll.
  • Fanwar : meski ini acc roleplayer, fanwar juga sering terjadi seperti halnya acc fangirl. Biasa sih terjadi di acc rp korea
  • Nick : nickname. Hal ini sebetulnya sering jadi pro kontra, tapi beberapa rp menggunakan nick ini untuk iseng - iseng. Contohnya acc diatas, nick dia itu "Ariesica" meski pada kenyataannya kamu juga bisa ga pake nick, semacem "Jessica" doang atau "Baekhyun" doang, itu namanya kamu ga pake nick. Tapi, ada yang over pake nick semisal rp Krystal, pake nick nya "Gecul" atau "Onye" atau "Hance". Jelas - jelas ga nyambung sama chara dan saya pribadi sih gabegitu suka nick yang jauh - jauh begitu.
  • Pemes /Femes : maksudnya famous alias terkenal. Rp2 yang dikategorikan pemes adalah rp - rp dengan follower besar berkisar 10k atau lebih dan memiliki tweet nyaris ratusan ribu. Rp pemes juga bisa dikategorikan sebagai rp dengan suara yang besar alias kalo dia ngetweet sesuatu pasti jadi booming di rp.
  • Newbie : kamu anak baru join di rpw dan gatau apa2 soal rpw.
  • Squad : kelompok. Biasa yang pake rp korea sih. Semisal kamu bikin squad EXO, nah isinya 12 member dengan chara EXO gitu
  • Fams : keluarga di rp. Semisal kamu rp Krystal trus ketemu rp Jessica, nah kalian kakak-adek'an di rp itu maka kalian itu fams
  • Bestie : sama aja kek bestfriend di rl
  • Autobase : sebuah akun twitter yang memposting pesan2 yang ditampung di dirrect message secara otomatis. Biasanya pake aplikasi khusus sehingga tidak memerlukan admin. Autobase digunakan untuk mempermudah para pemain untuk mencari teman dikarenakan autobase biasanya memiliki following & followers besar (50K keatas) sehingga membuatmu dapat mengenal pemain2 lain.
  • JFB : janji follback. Semisal kamu me retweet suatu tweet di autobase, mereka biasanya akan mention kamu "follback?" atau "jfb"
  • BOT : entah juga apa kepanjangannya, bot merupakan tweet yang muncul tiap beberapa jam sekali, dan tweet itu yang memposting merupakan aplikasi bernama "bot" jadi semisal kamu melihat tweet "hai" via bot, maka itu adalah robot bukan pemain yang mengetik tweet tersebut.
  • TOD : Truth or dare. Jenis permainan di rp gitu deh. Kalo kamu pilih Truth tandanya kamu harus jujur terhadap suatu pertanyaan. Kalo pilih dare kamu nanti harus melakukan sesuatu yg disuruh gitu deh misal pake ava banci dn "belay aku" dll. Jangka waktunya terserah semisal "pake ava banci sampe besok jam 12 siang" dll gitu deh.
  • TOT : Truth or Truth. Jenis permainan yang sama aja kek TOD cuma tanpa dare. Jadi maen aman gitu deh.
  • LAL : Lose a Life. Jenis permainan di rp juga, jadi di permainan LAL ini kamu pilih mo punya berapa nyawa (misal 15), trus tulis di dn Jessica 15 (misal kamu rp Jessica). Nah maennya rolling (misal 5 orang maen), semisal salah satu bilang "Lose a Life yang charanya bukan rp EXO" nah kamu kan rp jessica (snsd, bukan rp EXO) berarti kamu Lose a Life dan dn kamu jadi Jessica 14. Gitu terus sampe salah satu player kalian nyawanya abis, nah yang abis kena dare dari tiap2 pemain.
  • DN : Display Name. Jadi kalau di twitter, kan ada tuh bagian nama yang diatas username, nah itu disebut dn atau singkatan dari display name. Di DN itu lah kamu bisa pake nick atau ga, tergantung pemain.
  • Menfess : Pesan atau tweet yang berasal dari autobase. Gunanya sama kayak tweet normal, untuk interaksi, bedanya dia menggunakan jasa autobase.
  • Autobase : Sebuah akun twitter yang dipasang aplikasi untuk mengetweet dm secara otomatis dari orang-orang yang mengirim dm dengan format tertentu. Autobase ini biasanya memiliki follower luar biasa banyak dan gunanya untuk lintas informasi dan mengobrol selain dari follower-following akun anda.
  • Open dm : pengaturan di twitter kamu dimana semua orang (bahkan yang tidak kamu follow, dan yang tidak follow kamu) bisa mengirimi kamu dm. Hal ini juga berlaku untuk autobase, bisa open dm atau tidak.
  • Close dm : pengaturan twitter dimana yang bisa mengirim kamu dm adalah following (dan yang kamu follow juga tentunya).
  • Awards : acara hepi-hepi yang diadakan sebuah squad. Ya sama kayak semisal pas kamu sekolah ada award "yang paling bawel di kelas ini jatuh kepada....." ya gitu-gitu deh, tujuannya have fun aja

Sebetulnya, mau dijelasin kayak apapun juga disini tetep aja gabakal bisa terlukis secara sempurna di otak kalian apalagi yang belom pernah join roleplayer wkwk
Jadi, bagi yang penasaran, join aja roleplayer.
Cuman ati2 ya bagi yang masih sekolah jangan sampai gabisa bagi waktu dan satu lagi, kalau di roleplayer tuh jangan baper atau bawa perasaan soalnya disana ngefake gampang,

Selamat bersenang - senang guys! wkwk

85 comments:

  1. Baru tau kalau ada istilah oplas(?) di rp hahaha. Biasanya OC itu kan singkatan dari original character, tapi ternyata juga ada ya istilah on character... baru tau juga wkwk. Lumayan nambah pengetahuan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iy, kalo oplas rl itu mengganti wajah kan? kalo di rp jga hampir sama artinya yaitu mengganti character

      Delete
  2. Wahhhh....ternyata yg aqu liat selama ini d medsos rp semua yaaaa.....really really fake world..ahhahaahahaha...

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. Kalian bisa edit dan pilih chr sesuai yg kalian mau ,setelah itu baru klian edit ,biasanya yg bkin award gt si admin

      Delete
    2. maaf kak, kalau buat edit PP traine, foto award itu di apk apa ya kak?

      Delete
    3. Edit rp ada banyak, tpi yg utama buat roleplayer yakni:
      1. VSCO
      2. PICSART
      3. PHONTO
      4. POLARR
      5. BACKGROUND CHANGE

      Delete
    4. Kalo mau bikin awards harus ada nominasi nya dulu. Misalnya admin terbacot, admin terjamet dll. Lalu buat idc menggunakan aplikasi edit tadi. Kalo mau hasil yang bagus, disarankan untuk membeli premium. Jadi fiturnya lengkao banget, trus kamu nya gk bakal susah ngedit. Terkahir, usahain supaya semua member saling berinteraksi satu sama lain, sehingga mereka bisa vote sesuai kenyataan(tidak mengada-ada). Karena jaman sekarang, bnyk sekali orang yang jarang nimbrung dan muncul hanya pada event" tertentu saja. Sehingga mereka tidak dapat mengetahui bagaimana teman segrup mereka. Mereka jadi lupa tujuan utama dari rp itu apa. Padahal kan rp itu fungsinya sebagai sarana pertemanan online, bisa juga si buat update hal" unik lainnya. Mereka jadi merasa terbebani oleh karena adanya newgen yang tidak jelas

      Delete
    5. Newgen seringkali membuat para roleplayer lainnya marah hingga muak. Adapun beberapa faktor diantaranya:
      1. jaman sekarang banyak roleplayer yang mem-ps kan list grup ke smua orang(random). Padahal mereka tidak tau bagaimana dunia rp. Sang penyebar ps itupun juga tidak mau mengajari orang yg di ps kan nya. Itu membuat jumlah newgen gaje meningkat.

      Delete
    6. 2. Nah newgen yang tadi itu pasti merasa tersingkirkan dong, karena dia masih pemula dan tidak tau apa-apa. Tetapi namanya manusia, pasti ingin lebih,ya,kan? Nah jadi kebanyakan newgen jaman sekarang sering asal bacot gak jelas di grup dengan alasan meramaikan grup. Boleh si meramaikan grup, tapi klo isinya omong kosong gaje kyk spam,virtex,dll apa itu berguna?enggak kan? Jadi komen yang bner, punya otak itu dipakai.Kemudian tidak sedikit pula roleplayer jaman sekarang membuat teori aneh". Misalkan pada grup trainee. Mereka seringkali membuat konsep dan teori yang tidak masuk akal sehingga membuat orang yang trainee merasa kesulitan dan left di tengah-tengah task.Lalu chr, dulu mah gak ada yang nmanya chr,kam,wb,dll. Cm ada nn yaitu nickname. Di 2020 ini sudag banyak oldgen yang mulai memberantas para newgen yang merusak dunia rp.Saya sudah sering melakukan hal" seperti meretas akun yang meresahkan dll.Jadi saya sarankan untuk pintar dalam menggunakan teknologi.Buat kalian yang merasa nge rp cm buat merasa famous hanya dengan gambar unduhan pinterest, sori aja, dunia rp gk bakalan berpihak ke kamu. Saya mengatakan hal seperti ini supaya tidak ada lagi terjadi permasalahan antara newgen dan oldgen.

      Delete
    7. 3. Terakhir, jangan menyalahkan rp jika kamu tidak sempat mengerjakan tugas sekolah ato yang lain. Harusnya kamu pintar mengatur waktu,karena dalam rp pun sudah dipertimbangkan waktu untuk event" tertentu. Jika memang tidak tahan nge rp, ya silahkan lrp, jangan balik lagi. Kenapa saya bilang jangan balik lagi? Karena menempuh pendidikan sekolah lebih penting dibanding fambest serta cp kamu di rp.percaya deh, kalo kmu serius belajar yang bakal untung itu kamu, bukan siapa". Dan satu lagi, kuota atau wifi yang sudah diberikan orangtuamu jangan dipakai sembarangan ya. Karena beli nya pakek uang. Uang! Mereka susah payah cari uang, eh kamunya asik konser sendiri, atau coli sndri di kamar. Kan bagus kyk gtu. Kalau memang lagi gabut atau gmn bsa kamu curhat di rp. Tapi dalam batas yang wajar.

      Delete
  4. Ume seke uke tuh apa si kalau di yaoi?:v

    ReplyDelete
  5. Kalo bikin awards and TOD itu gmna ka?

    ReplyDelete
  6. kalo parody local harus pake bracket kak?

    ReplyDelete
  7. Ada yang tau apa arti dn,menfes,sm awards?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo unknown, istilah list pada postingan ini sudah saya update ya, semoga membantu

      Delete
    2. Dn tuh done
      Menfess tuh kyak pesan yg ingin di sampaikan sma sseorg dlam tuh gc
      Awards itu kek pnghargaan gtu pkoknya

      Delete
    3. dn?dn gmn? dn bisa berarti done,d1,sudah bjsa juga berarti dislayname.(put dn)

      Delete
  8. cara tns gimana kak? cuma tau kepanjangannya doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Truth or share hehe
      Kaya main tod gitu sih. Trus ada SOD juga. Spill or Drink

      Delete
    2. TNS kok baru denger ya biasany gc itu bkin ny TOD sama SOD

      Delete
  9. Replies
    1. diving itu menyelam di mention tab. maksudnya kamu balesin semua mention yang ada di mention tab

      Delete
    2. mention tab maksudnya gimana?

      Delete
  10. Replies
    1. private mail? foto foto haram anak izone doang. maksudnya foto berbayar yang gaboleh disebar dan gaboleh dipake. kalau disebar bakal kena tegur. boleh lihat di pinterest, usernamenya @.izbubble. pencet yang izonenya, nah nanti ada keterangan itu foto private mail (pm), instagram update, atau twitter update. oh iya, fancafe juga gaboleh dipake ya

      Delete
  11. cara main sod gimana deh?? yang tau mohon dijelasin makasih

    ReplyDelete
  12. Replies
    1. Tj(Terima jadi) misalnya temen Rp kmu ngjk fotbar, tapi kmu g mau ngedit ataupun cari pict, tinggal bilang aja Tj, nanti dia yang cari pict nya+ngedit tu fotbar, kamu tinggal nunggu hasil ae wk.
      Wb(welcome back) misalnya ada yang setor urr di Gc, nah itu kmu wb in

      Delete
  13. Kak pilihan chr itu apa aja y

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa apa aja kok, bisa idol bisa anime, bisa macem-macem

      Delete
  14. Replies
    1. Kalau di twitter sih biasanya kamu bikin thread gitu ya tinggal taro nomer sama jawaban kamu aja, kalo ada yg gamau kamu jawab tinggal di "drink" gitu

      Delete
  15. klo diving tu apa? masi bingung haha

    ReplyDelete
  16. Kalo DNI apa ya kak?

    ReplyDelete

A call-to-action text Contact us