:::: MENU ::::

Saturday, February 14, 2015

Malam semuanya wkwk
Di malam hari yang larut ini gue bakal share sedikit tentang "hasil eksekusi" gue yang terlaksana hari ini.

Seperti yang semua tau, kalo yang baca postingan gue sih, gue menjalankan uji kompetensi selama 3 hari.
Kenapa gue menjalankan uji kompetensi?
Karena gue adalah anak SMK, dan yg namanya anak SMK, pasti ada yg namanya uji kompetensi.
Nah, berhubung gue anak SMK jurusan Broadcasting, pada uji kompetensi (ukom) kali ini, gue di tugaskan membuat sebuah film/iklan/video klip yang gue buat selama 3 hari.

Hari pertama, adalah pembuatan skenario.
Ini adalah bagian gue, karena gue kedapetan jobdesk sebagai sript writter.
Jadi script writter, jujur, gue deg2an nungguin soal dari dinas. Kenapa?
Secara tuh soal baru di buka di hari H dan gue harus buat skenario itu hari itu juga.
Udah harus di print, di jilid dan di tanda tanganin hari itu.
Dan bukan cuman sekedar kumpulan kertas skenario, gue itu sekalian buat DP alias design produksi.

Bagi yang gatau design produksi, bahasa kasarnya kek proposal awal mo bikin project gitu deh.

Gue sendiri ga penasaran sama siapa kelompoknya.
Bagi gue, dengan siapa gue akan berkelompok ga penting, yang penting soalnya apa.

Begitu masuk lab ukom, gue disuguhi 2 amplop.
Yang satu amplop putih panjang biasa, yang satu amplop coklat besar.

Begitu dapet, gue disuruh sama kajur (ketua jurusan) gue untuk buka amplop yang warna putih.
Dan ternyata isinya adalah soal dari dinas.
Soal hari itu adalah iklan layanan masyarakat.

Sip.
Dengan ini, selama 2 jam kedepan, gue bakal nulis DP Iklan Layanan Masyarakat.
Dihari - hari sebelumnya, gue udah mikirin tema apa yg cocok buat iklan layanan masyarakat ini, dan hari itu juga, gue yakin dengan ide gue yaitu STOP BULLYING.

Sebagai script writter, tentunya gue gamau naskah gue acak kadul dan ga sempurna.
Jadi pada saat pembuatan DP, gue berhati - hati dan berulang kali membaca DP gue, apakah adalah salah pengetikan atau susunan kalimat yang kurang tepat.

Gue menikmati waktu 2 jam gue sebagai script writter, dan kedapetan giliran shooting ke dua besok.

Oya' lupa dibilangin, uji kompetensi ini sendiri terbagi menjadi 3 hari.
Hari pertama : pembuatan design produksi
Hari kedua : shooting
Hari ketiga : editing dan presentasi

Hari pertama kelar dan dengan demikian, selesai sudah perjuangan gue sebagai script writter.

Hari kedua.
Saatnya shooting.
Gue kedapetan jobdesk tambahan sebagai talent dalam iklan layanan masyarakat gue sendiri.
Disitu gue berperan sebagai peran antagonis yang membully temannya sendiri.

Berakting sebagai peran antagonis bukan hal yang susah bagi gue.
Selain tampang yang mendukung (jutek, waks) gue juga paling seneng kalo dapet peran2 macem peran antagonis, peran setan sama peran yang serem - serem.
Kenapa?
Entah, gue lebih merasa menjiwai aje sih wkwk

Shooting berjalan lancar meski ada sedikit ketegangan karena masalah teknis pada kamera dan ada anggota tim yang lemot mikirnya jadi agak bikin suasana tegang karena ada yang sempet emosi.
Tapi berkat usaha yg gigih, kita bisa buat shooting itu berjalan lancar dan tepat waktu.

Kita kedapetan MD Panasonic yang masih pake kaset.
Gue sendiri sempet deg2an karena hasilnya gabisa langsung di preview (karena MD jadul).
Tim gue bahkan sempet lupa ngambil gambar buat cover + label tapi yaudahlah bisa di akalin sama editornya.

Hari ketiga
Harinya editor dan seluruh anggota tim.
Sepanjang hari gue cuman bisa berdo'a ketika editor gue ngedit di lab, semoga ga ada kendala apapun. Gue sedikit baca2 materi buat presentasi nanti.

Pengujinya sendiri ada 4.
Yang pertama ketua jurusan gue sendiri.
Kedua orang dari Trans7, trus orang dari TVRI dan orang dari RCTI.

Agak gugup juga sih mengingat keempat penguji ini adalah orang yang pastinya udah mahir dalam bidangnya. Tapi gue cuman bisa bismillah dan melakukan yang terbaik.

Gue adalah kelompok kedua yang bakalan presentasi.
Pas kelompok pertama masuk ke ruangan presentasi, gue ikutan deg2an.
Dan nyatanya? Kelompok satu lama banget presentasinya, ada kali 1 jam'an.
"Ini pasti ditanyain abis - abisan dah" begitu yg ada di fikiran gue.

Begitu kelompok pertama keluar, gue liat muka mereka ada yang lecek gitu, mungkin abis di cecer sama pengujinya kali ye.
Gue pun masuk dengan bismillah.

Pas masuk ruang presentasi, kelompok gue mempresentasikan karyanya dengan berhati - hati.
Cameraman gue sempet di cecer gitu sama penguji, dia sempet kagok.
Gue sendiri lebih banyak di cecer sama kajur gue sendiri.
Ada 1 pertanyaan yang gue agak kurang lengkap jawabnya hehehe, maklum grogi.

Kita sendiri di tanya2 kurang lebih 1 jam.
Tapi di dalem ruangan presentasi ga berasa hehehe.

Gue kemudian keluar ruangan presentasi.
Sempet chaos juga tuh pas kelompok gue keluar ruangan presentasi, di tepuk tanganin kek dapet golden ticket indonesian idol wkwk
Nungguin 4 kelompok lagi sebelum akhirnya pengumuman.

Presentasi 6 kelompok itu berjalan alot banget.
Sampe jam 7 malem disekolah.
Dan selama 3 hari itu pula tidur gue kurang, jadilah gue lieur wkwk.

Jam 7 lewat, semua anak di panggil ke ruang presentasi buat pengumuman.
Jantung gue dag dig dug belalang kuncup akan hasilnya.

Ketika kajur gue mulai menyebutkan nama2 yang lulus, gue tahan napas.
Gile, kalo ga lulus gue nyesek banget lah ya udah 3 hari berjuang kaga dapet apa - apaan.

Setelah sekiranya 6 nama disebut, gue mulai gerah sendiri kapan nama gue disebut wkwk
Sempet hopeless juga sih mengingat udah lumayan banyak nama yg lulus.

Eh dilalah, si ibu kajur nyebut nama gue cin! wkwkwk
Seneng banget ya allah, gue langsung alhamdulillah disitu, bener - bener manis rasanya langsung lulus di hari yag ditentukan. Kayaknya perjuangan gue selama 3 hari itu terbayar sudah wkwk.

Sebagian temen - temen gue yang ga lulus mulai nangis di tempat.
Gue sendiri sedih, tapi gue gabisa bohongin diri gue kalo gue lagi seneng karena gue lulus.

14 Februari 2015
Bagi gue adalah hari yang indah.
Meski ga gue habiskan dengan pacar (emang punya?)
Meski gue ga dapet coklat wkwk
Setidaknya dapet faka bahwa gue lulus hari itu adalah kado yang indah bagi gue wkwk

Pulang - pulang, gue langsung kasih tau nyokap kalo gue lulus.
Tapi nyokap gue cuman bilang santai "yaiyalah" wkwk
Sebelumnya, gue emang sering nanya nyokap "ma aku lulus ga ya?" yang di jawab "pasti lulus lah"
Gatau kenapa nyokap gue bisa yakin banget gue bakal lulus, padahal angkatan di atas gue cuman beberapa yang lulus.

Yaaah intinya, gue seneng banget hari ini.
Gue lulus dengan indah wkwk.

Btw2,....pulang - pulang gue langsung makan kek orang gila wkwk
Laper bo'

0 komentar:

Post a Comment

A call-to-action text Contact us