:::: MENU ::::

Wednesday, November 20, 2019


Selamat Pagi
Masih membahas soal twitter, kali ini saya akan membahas apa itu yang namanya Shadowban.

Apasih shadowban itu?


Ya, jadi dalam yang namanya bermain social media, entah itu di instagram, twitter, youtube sekalipun pasti ada yang namanya shadowban. Shadowban itu, bisa kalian baca diatas, adalah konsekuensi yang sebenarnya muncul dari tindakan kalian sendiri. Tiap-tiap platform social media pasti punya rules tersendiri ya, nah bila kita melanggar atau sering melakukan pelanggaran terhadap rules-rules tersebut, maka akun kita bisa terkena shadowban.

Untuk kali ini, saya fokuskan pada twitter dulu karena saya cukup sering kena shadowban hehe dan sudah beberapa kali bangkit dan pulih dari shadowban. Sebenarnya, apa sih yang menyebabkan shadowban pada akun twitter kita?

Penyebab terjadinya shadowban pada twitter itu bisa bermacam-macam, bisa jadi karena kalian terlalu banyak merewteet, terlalu banyak memfollow orang dalam satu hari, terlalu banyak ngetweet atau juga kalian sering ngetweet dengan kalimat-kalimat offensive atau kasar ya.

Kita semua pasti tau ada akun twitter yang emang seluruh akunnya itu isinya kata-kata kasar semua. Hal-hal seperti pornografi, animal abuse, abussive content atau menjiplak identitas seseorang (seorang artis atau seorang influencer) juga bisa menjadi penyebab terjadinya shadowban tersebut.

Nah, untuk mengecek apakah akun kita terkena shadowban atau tidak, kalian bisa cek lewat klik link shadowban.eu. Kalian bisa buka link ini darimana aja, lewat PC bisa, lewat hp bisa, link ini juga ga ada virus ga ada iklan, jadi tenang aja device kalian akan baik-baik saja.

Begitu klik linknya, pasti kalian akan disodori tampilan begini :


Nah sebelum kalian masukin username kalian, kita lihat dulu dibagian bawahnya itu ada tampilan faktor-faktor shadowban kayak gini :


Apasih faktor-faktor ini?
Untuk lebih mempermudah, saya udah kotak-kotakin dengan berbagai warna ya, jadi saya ga perlu ngasih screenshot disetiap hal yang bakal saya bahas disini.

Kalian sebenernya bisa baca sendiri dengan klik tanda panah kecil di sebelah kanan, tapi kalau kalian males ribet atau ga ngerti Bahasa Inggris, saya bakal jelasin disini secara simplenya.

Oke jadi untuk kotak warna ungu itu bertulis "Search Suggestion Ban".
Maksud dari ban ini adalah akun kalian tidak akan muncul di suggestion ketika seseorang ngefollow. Kalian pernah perhatiin ga kalau kalian abis ngefollow orang, pasti twitter akan memberikan saran orang-orang yang bisa kalian follow juga, macem gini :


Nah, kalau kalian terkena search suggestion ban, maka akun kalian tidak akan muncul dan disarankan twitter untuk di follow. Alasannya? Ya karena kalian melanggar peraturan twitter. Entah itu bertingkah offensive, abussive dan lain-lain.

Untuk ban kotak kedua yang warna hijau itu bertulis "Search Ban"
Nah, maksudnya adalah, kalian bisa kena ban dari twitter itu berbacam-macam. Ga selalu sama. Untuk kotak hijau itu, ban nya berupa search ban. Jadi semisal kalian terkena ban macem ini, akun kalian tidak akan ketemu di pencarian orang. Jadi semisal orang nyari username akun kalian, maka akun kalian ga akan muncul, seolah-olah akun kalian ga ada.

Untuk kotak yang biru biasanya bakal keliatan kalau kalian hobi nulis thread di twitter.
Pernah ga kalian baca twitter trus muncul kek gini di tengah-tengah?


Nah itu tandanya kena shadowban. Twitter sebenernya ga menganjurkan kamu untuk bikin thread panjang-panjang. Jadi, usahain kalau bikin thread itu jangan panjang-panjang dan jangan sering-sering ya.

Akhirnya pada kotak pink terakhir, adalah ban paling merepotkan yang pernah ada hehe yaitu balasan mention kalian ga akan keliatan di mention tab orang lain. Jadi orang lain gabakal liat balasan reply kamu dan akhirnya kamu tidak akan bisa berkomunikasi dengan orang tersebut.

Oke, balik lagi ke aplikasi cek shadowban tadi, sekarang saya bakal coba cek dengan akun twitter pribadi saya :


Nah bisa diliat ya, semua faktor yang ada pada akun twitter saya berwarna hijau semua.
Itu artinya, akun saya dalam keadaan sehat wal alfiat alias tidak kena shadowban twitter.

Ada tulisan yang berwarna kuning atau merah, itu tandanya akun kalian kena shadowban. Terutama sih shadowban yang paling bawah ya, yang tadi saya kotakin pink, nah itu tandanya shadowban kalian udah ribet hehe.

Trus kalau twitter kita kena shadowban gimana dong? Untuk masalah itu, kalian bisa baca disini.

Itu tadi dia pembahasan tentang shadowban twitter.
Semoga bermanfaat dan semoga akun kita selalu sehat wal alfiat hehe


0 komentar:

Post a Comment

A call-to-action text Contact us