:::: MENU ::::

Wednesday, November 20, 2019

Halo sobat twitter
Akhir-akhir ini, twitter kembali "hits" di deretan social media yang digunakan oleh banyak orang selain facebook, instagram dan snapchat.
Kembalinya twitter ini membawa kembali user-user lama, atau pengguna-pengguna lama yang sebelumnya sudah berkecimpung di Twitter sejak 2010 atau lebih, mengingat Twitter sendiri sebenarnya sudah berdiri sejak tahun 2006.

Saya sendiri merupakan pengguna lama twitter. Saya membuat akun sekitar tahun 2010 atau 2011 ketika masih SMP dan sempat vakum, alias tidak main twitter selama dua tahun namun kembali aktif lagi pada saat SMA. 

Pada era sekarang, pengguna-pengguna baru pun bermunculan.
Banyak yang merupakan "sobat hijrah" dari instagram ataupun facebook. Nah, sobat hijrah ini biasanya kurang terbiasa dengan cara bermain di Twitter dan kebanyakkan menemukan masalah-masalah seperti tidak bisa follow orang, email yang sudah terpakai tidak bisa digunakan, lupa password sekalian lupa nomer hp dan sebagainya.

Salah satu masalah yang paling sering terjadi adalah :
Mention Twitter Tidak Masuk Mention Tab


Apakah sebenarnya yang dimaksud?

Kondisi "mention tidak masuk mentab" adalah kondisi dimana mention kamu, atau reply (balasan) kamu terhadap suatu tweet tidak masuk ke mention tab orang lain, sehingga orang tersebut (yang tweetnya kamu balas) tidak dapat melihat jawaban kamu atau reply kamu.

Mengapa hal itu terjadi?

Banyak faktor yang dapat menyebabkan hal ini terjadi. Mulai dari belum verifikasi email, belum verifikasi nomer handphone dan lain-lain. Namun, biasanya penyebab utamanya adalah kamu terlalu sering membalas tweet seseorang (dan juga nge-tweet) dengan kata yang di ulang-ulang.

Misalnya, kamu membalas mention 5 orang yang mengucapkan "pagi" di twitter dan kamu juga membalas dengan ucapan "pagi" kepada 5 orang tersebut.

Kata yang diulang-ulang cenderung dianalisa oleh Twitter sebagai tindakan "robot" alias tweet yang bukan berasal dari kamu. Bisa juga kamu memakai sebuah aplikasi untuk membalas tweet secara otomatis. 

Nah, lalu gimana cara memperbaiki mention twitter yang tidak masuk mention tab?

1. Log out akun Twitter kamu dari semua aplikasi dan offline selama 2 hari
Cara pertama yang dapat kamu lakukan sangat simple yaitu cukup log out akun twitter kamu dari semua aplikasi dan offline selama dua hari. Log out dari semua aplikasi maksudnya gimana? Ya maksudnya adalah, misal akun twitter kamu masih log in lewat PC, kamu log out. Misal akun twitter kamu masih log in via hp, ya kamu log out.
Tapi, tenang aja, kamu ga perlu log out semua akun twitter kamu (misal kamu punya lebih dari satu akun). Kamu cukup log out akun yang bermasalah aja dan tunggu sekitar dua hari untuk akun kamu kembali pulih dengan sendirinya.
Jadi ibaratnya tuh Twitter pengen liat kamu itu robot atau bukan, jadi semisal kalo kalian tidak aktif selama dua hari, berarti tindakan kamu itu masih tindakan yang "normal" di mata Twitter. Jadi kamu tidak digolongkan sebagai "robot".

Trus apakah benar-benar harus dua hari?

Sebenarnya, dulu (jaman 2012-2014) cukup sehari aja untuk log out dan offline, tapi semenjak Twitter memperbarui aturan dan segala macem, kamu disarankan untuk offline dua hari. Disarankan oleh siapa? oleh Twitter? Bukan, disarankan oleh saya. Karena saya punya pengalaman offline satu hari dan belum cukup untuk memperbaiki mention tab, ketika saya offline lagi dua hari, baru akun saya bener.

Trus gimana biar kita tau kalo kita udah bener-bener offline selama dua hari menurut tanggalan twitter?

Gampang banget. Kamu cukup tweet, tweet terakhir yang jamnya bisa dijadikan acuan.

Sebelum kamu log out, kamu bisa tweet terakhir seperti "test" dan kemudian log out. Nah untuk ngeceknya, kamu bisa pakai akun twitter kamu yang lain atau akun twitter temen kamu dan sebagainya untuk cek apakah tweet kamu sudah terhitung sebagai tweet terakhir yang dua hari.

Ah ribet, nih deh saya kasih liat contohnya :


Nah pada contoh diatas, kalian bisa liat kan ada tweet disitu dan kalian liat di kanan atas itu ada tulisan "27dtk". Itu artinya tweet tersebut telat terposting 27 detik lalu. Nah maksud saya adalah, kalian bisa jadian tweet kalian sebagai acuan waktu itu dari sini. Kalian tinggat ngetweet aja, bebas apaan aja, trus log out.

Nah ketika kalian cek, kaliat tinggal liat aja waktunya udah 2h belom. 2h itu dalam Bahasa Indonesia artinya 2 hari. Tapi, kalau device kalian pakai Bahasa Inggris, ya kalian berarti 2d atau 2 Days. 

Kalau waktunya sudah 2h atau 2d, maka kalian udah bisa log in lagi dan cek apakah mention kalian sudah bener atau belom.

Cara cek nya gimana? Kalian bisa mention orang, terserah siapa aja, kalau dia bales mention kalian, tandanya mention kalian udah masuk ke mention tabnya dia. Atau, kalau kalian punya second account, ya kalian mention aja second account kalian itu, trus kalian bisa cek dek mentionnya masuk ga ke mentab second account kalian, gitu.

2. Ganti username
Cara kedua adalah ganti username. 
Bagi yang belom tau username itu apa nih saya kasih liat :


Contoh diatas adalah contoh akun dari Presiden Joko Widodo.
Kalian bisa liat disitu ada tulisan "Joko Widodo" dan disebelahnya ada tanda centang veriffied account. Tulisan "Joko Widodo" itu adalah dn atau display name.

Nah trus kalian juga liat di bawahnya tulisan "Joko Widodo" ada tulisan "@jokowi" kan?
Nah "@jokowi" itu adalah username atau uname.

Sampe disini jelas kan ya? hehe

Nah, kalian bisa mulai membenahi akun kalian dari ganti uname. Misal, uname twitter kalian @pancipanas. Kalian bisa ubah jadi @pancipanas_ atau @pancipanass atau @pancidingin, terserah kalian, intinya diubah dulu aja. Ketika kalian udah ubah username kalian, cek lagi mention kalian. Caranya sama aja, kalian bisa mention orang atau mention second account kalian kayak cara nomer 1.

Nah untuk cara yang nomer 2 ini kadang berhasil, kadang ga.
Saya pernah coba dan berhasil, tapi saya juga pernah coba dan ga berhasil. Intinya dicoba dulu aja.

3. Verifikasi email
Kedengerannya emang ga nyambung, tapi percaya deh kalau kalian sudah verifikasi email di twitter, hidup kalian di twitter akan lebih gampang wkwk. Jadi, bagi yang belom verifikasi email, segera verifikasi. Biasanya, bagi yang dapet masalah seperti ini dan dalam kondisi belom verifikasi email, ketika sudah memverifikasi maka masalahnya akan selesai dan akun kamu akan sembuh kembali.


4. Kirim form Twitter
Udah ngelakuin segala cara tapi masih gagal juga? Atau mau offline dua hari tapi kelamaan?
Cara terakhir adalah kirim form ke Twitter.

Caranya?

Oke pertama-tama kamu buka link ini support.twitter.com 

Kamu pasti akan melihat tampilan seperti ini :



Nah kalian scroll terus kebawah sampai nemu tulisan ini : 


Kalian klik "file a report".
Ketika kalian klik "file a report", maka akan muncul halaman seperti ini. 
Klik "View All Suport Topic", paling bawah :


Nah, pasti muncul halaman seperti dibawah ini ya 
Selanjutnya kalian klik aja "Tweets and Timeline"


Nah, selamat, kini kamu telah mendapatkan "form" untuk pengaduan masalah kamu.
Selanjutnya kamu isi aja dengan data diri kamu. Untuk bagian awal, kamu bisa klik "other".


Nah untuk bagian "Decription the issue" kalian tinggal jelasin aja masalah pada akun kalian apaan. Tapi usahain pake B Inggris ya, jangan pake B Indonesia, karena ini kan langsung ke twitter pusat, so pake B Inggris. Untuk contohnya kalian bisa isi kek gini :


Form ini bisa juga kamu gunakan untuk akun yang suspend.
Caranya sama aja, tapi pada bagian description the issue kamu bisa isi kek gini :

Nah setelah selesai, kamu bisa langsung klik "submit".

Selanjutnya adalah kamu kembali log out dan tunggu selama 24 jam dari waktu kamu ngirim form.
Kadang, form kamu dibales sama twitter lewat email, tapi kadang juga ga.
Intinya tungguin aja 24 jam dari terakhir kamu ngirim form, selanjutnya kamu bisa log in dan test apakah akun kamu sudah benar atau belum. Jangan terburu-buru, ingat selalu waktu terakhir kamu apply form jam berapa dan baru log in lagi.

Oke, itu aja ulasan twitter kali ini, semoga membantu.
Bagi yang punya masalah lain mengenai twitter, bisa komen dibawah. Apakah cara ini berhasil atau tidak atau ada yang mau ditanyain juga komen aja dibawah nanti insyallah saya bales hehe

0 komentar:

Post a Comment

A call-to-action text Contact us