:::: MENU ::::

Thursday, November 21, 2019


Seringkali ketika kita merintis sebuah blog ataupun channel youtube, kita membutuhkan yang namanya pengetahuan dasar tentang SEO.
Nah, namun masih banyak belum tahu nih, SEO itu apasih?
Trus kira-kira ngaruhnya apa ke blog atau channel youtube kita?

Buat kamu yang kepo apa itu SEO, langsung aja klik readmore buat cari tahu lebih lanjut!


SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization.

Sebenarnya, bila dilihat dari kepanjangan SEO aja, kalian harusnya udah bisa dapet gambaran dari sini. Search engine artinya adalah mesin pencari dan optimization artinya adalah optimasi. Nah optimasi tuh apasih? Optimasi adalah suatu proses untuk mencapai hasil yang ideal dari setiap tindakan yang kamu lakukan. Jadi SEO adalah "optimasi mesin pencari"

Nah trus hubungannya dengan blog sama youtube apa?

Bila kamu punya blog, kamu pasti pernah melihat ini disamping postingan blog kamu :

Contoh Postingan Pada Halmahora
Nah tanda yang saya kotakin merah itu adalah tanda seberapa banyak orang yang membaca postingan pada blog kamu. Setiap postingan itu berbeda-beda, ada yang mencapai ratusan reader ada yang sampai ribuan reader. Kenapa bisa beda?

Balik lagi ke topik SEO tadi ya, tadi kan kita semua nanya, apa hubungan SEO dengan blog sama youtube, nah gampangnya gini, ketika kamu memposting sebuah artikel pada blog kamu, pasti kamu tujuannya untuk membagikan informasi atau paling ga, biar dibaca orang kan? Nah trus gimana biar orang lain bisa menemukan blog kamu? Padahal, blog kamu juga baru bikin atau kamu terhitung jarang-jarang posting di blog, jawabannya adalah SEO. Dengan mendapatkan rangking tinggi di hasil pencarian, potensi trafik organik kamu pun meningkat. Alhasil, postingan kamu akan banyak dibaca oleh orang-orang dan blog kamu akan semakin dikenal.

Trus gimana cara kita menggunakan SEO untuk blog kita?

Nah, pada pembahasan kali ini, saya akan memberikan tips bagi pengguna pemula-pemula dulu ya, alias kita pakai trik yang gratis dan bisa kamu coba kapanpun. Itung-itung, sebelum mulai merambah ke SEO yang besar, alangkah lebih baiknya bila kamu coba-coba dari hal simple dulu. Oke jadi yang pertama adalah :

1. Gunakan Google Search Engine
Pada saat ingin menggunakan SEO, sebenarnya kamu bisa menggunakan aplikasi-aplikasi yang berbayar maupun gratis. Bedanya apa aplikasi berbayar dengan yang gratis? Bila kamu pakai aplikasi berbayar, kemungkinan pencarian word yang kamu cari menjadi lebih akurat. Aplikasi tersebut ada yang berbayar, ada juga yang gratis. Tapi kalaupun gratis, biasanya kamu akan diberikan limit seperti dalam sehari, kamu hanya bisa cari 5 kata untuk dianalisis. Jadi, semisal kamu ingin menganalisa kata-kata dalam jumlah banyak, kamu terpaksa menunggu sehari kemudian untuk bisa menggunakan aplikasi tersebut lagi.
Solusi paling mudah dari masalah diatas adalah gunakan mesin pencari google. 
Contohnya seperti ini :


Bisa kalian lihat sendiri, ketika kalian mengetik "cara memilih" ada banyak sugestion yang ditawarkan google dibawahnya. Nah saran-saran dibawah tersebut bisa kamu jadikan aplikasi gratis kamu untuk word tracker SEO. Kenapa? karena kata-kata yang muncul dibawah itu adalah topik yang paling sering dicari orang. Melalui hasil pencarian google itu, kamu bisa membuat artikel tentang "cara memilih semangka" atau "cara memilih formasi cpns", apapun yang google search engine tawarkan. Selain gratis, akurat, unlimited dan sangat oke kan untuk latihan memilih topik artikel?

2. Bikin Website atau Blog Yang Bertema Konsisten, Jangan Random
Karena kamu memposting untuk memberikan informasi, usahakan blog kamu memiliki tema. Jadi semisal blog kamu membahas tentang masakan, usahakan setiap postingan kamu itu berkaitan selalu dengan masakan. Misalnya cara masak ayam goreng, cara masak makanan India, cara membuat dapur tetap bersih dan sebagainya. Hindari buat blog random. Kenapa? Karena blog yang memiliki tema cenderung "mengikat pembaca" untuk tetap menjadi pembaca di blog kamu. Blog atau website yang bertema konsisten akan lebih mudah menembak sasaran pembaca yang dituju.

Tapi bukan berarti, blog random tidak bisa mendapatkan trafik yang tinggi. Blog random tetap bisa mendapatkan trafik yang tinggi, hanya saja kemungkinan untuk "mengikat pembaca" nya kecil. 

Contoh pada blog ini, saya sengaja membuat blog ini random.
Kenapa? karena memang saya memuat blog ini untuk sharing pengalaman dan bukan untuk komersial. Saya bahkan tidak pasang adsense di blog ini, karena memang awal dibentuknya blog ini hanya sekedar iseng, namun sekarang blog ini bisa jadi media saya untuk latihan bikin artikel berdasarkan SEO. 

Tapi alangkah lebih baiknya bila kamu coba bikin blog yang bertema. Tidak harus tema yang susah-susah, kamu bisa memulai dari hal kecil yang kamu suka seperti hobi kamu. 

Nah, ada saran nih untuk blog (bukan website), karena yang kamu kelola adalah berbentuk "blog" maka kamu harus lebih dekat dengan pembaca, lebih dari website. Usahakan setiap artikel atau yang kamu buat itu kamu sudah punya pengalaman mencobanya terlebih dahulu. Kenapa? kalau pada website, orang cenderung mencari tips and trick namun mereka tidak bisa menemukan orang yang sudah memiliki pengalaman dengan topik yang mereka cari. 

Tapi pada blog, kamu bisa lebih dekat dengan pembaca dengan cara share ilmu sekaligus pengalaman kamu. Dengan begitu, pembaca juga akan lebih tertarik untuk mengetahui lebih lanjut, karena kamu tidak hanya memberikan tips namun juga perspektif baru dari pengalaman kamu. Gaya penulisan kamu pun bebas, tidak perlu kaku-kaku asal masih bisa menyampaikan informasi. Usahakan juga, setiap ada yang komen pada blog kamu, kamu balas. Karena dengan begitu, blog kamu akan dikenal sebagai blog yang aktif dan bukan blog kaleng-kaleng yang cuma copy paste.

3. Latihan Bikin Judul, Tapi Hindari Clickbait Palsu
Salah satu hal menarik dari mempelajari SEO adalah kamu ditantang untuk membuat judul yang menarik. Menarik, bukan berarti hanya sekedar unik. Ada sedikit tips untuk kamu yang baru pertama kali coba menggunakan SEO pada blog.

Ketika kamu sudah menentukan sebuah tema, kamu pasti akan memiliki beberapa stock kata kunci di  kepala kamu. Contohnya, kamu ingin membuat artikel tentang Jus Wortel. Nah, kata kunci "Jus Wortel" itu usahakan berada di depan judul. Untuk ekornya, kamu bisa tambahkan judul yang sedikit persuassive untuk memancing pembaca kamu untuk click postingan kamu.

Contoh = Jus Wortel Ternyata Bagus Untuk Organ Tubuh Ini! 

Dengan begitu, pembaca sedikit banyaknya tahu bahwa kamu akan membahas tentang Jus Wortel, tapi kamu merahasiakan inti pembahasan kamu dengan kalimat "Bagus Untuk Organ Tubuh Ini!". Organ tubuh apa? Pembaca pasti akan bertanya-tanya organ tubuh mana yang mendapat manfaat dari si Jus Wortel, rasa penasaran itulah yang bisa membuat pembaca tertarik membaca postingan kamu.

Tapi, perlu di ingat, meski kamu memberikan judul yang menarik pada artikel kamu, hindari clickbait palsu. Clickbait adalah umpan atau pancingan untuk mendapatkan iklan atau daring namun mengorbankan kualitas dan akurasi sehingga seringnya pembaca merasa di jebak karena judul dan isi artikel kamu tidak sesuai.

4. Promosi Blog Kamu Ke Seluruh Social Media Kamu 
Selesai membuat sebuah postingan, apa yang harus kita lakukan? Kamu pasti punya social media kan? Coba deh gunakan social media itu untuk promosi artikel kamu. Kamu bisa promosi kemana saja, melalui story instagram, melalui linkedin, melalui twitter, facebook, semua. Tapi ingat ya, jangan memaksa orang untuk membaca blog kamu. Kita disini belajar menggunakan SEO kan, jadi kalau kamu memaksa orang untuk membaca blog kamu, trus kamu tahu bahwa trick SEO kamu berhasil dari mana? hehe

Usahan sealami mungkin. Bila memang traficnya jelek, berarti kamu harus lebih banyak belajar lagi cara berpromosi, cara membuat judul  dan isi artikel yang menarik. 

Oiya, trus untuk lihat apakah SEO kita bekerja darimana?

Kamu bisa melihat dari readers yang saya kasih lihat diatas tadi, seperti ini :


Atau kamu bisa lihat dari statistik blog kamu seperti ini :

Idealnya, dalam satu hari, minimal kamu mendapat 60 penayangan.
Kamu tidak perlu sibuk dengan penayangan bulan lalu atau penayangan sepanjang waktu.
Cukup fokus dengan penayangan harian, targetkan 60 penayangan dalam sehari dan latih terus kemampuan kreatifmu.

Akhirnya kita sampai juga ke akhir postingan hehe
Berikut adalah postingan tengan SEO (utamanya SEO blog), semoga bermanfaat dan untuk SEO Youtube, nanti saya akan bikin lagi di postingan terpisah. Semoga blog kita semua terus berkembang dan terus belajar, kalau ada pertanyaan, kritik, saran atau apapun bisa komen dibawah. 
Oiya tapi jangan komen jualan ya hehe soalnya langsung auto saya hapus kalau kalian komen tentang jualan follower atau peninggi badan, apalah itu wkwk.
Insyallah bakal saya bales semua komen-komennya.

See u

1 comment:

A call-to-action text Contact us