:::: MENU ::::

Sunday, July 14, 2019


Halo halo selamat pagi
Kali ini, saya tiba-tiba kejatohan wangsit untuk memposting sesuatu tentang peliharaan saya.
Jadi, dalam 22 tahun kehidupan saya, saya itu udah banyak banget melihara binatang.
Mulai dari ikan, ayam, hamster, kelinci sampe kelinci.


Kali ini, saya akan membahas tentang peliharaan saya yang hidupnya paling lama.
Namanya Bobo.

Bobo itu kelinci. Jenisnya Lionhead. Gendernya betina. Bobo ini saya pelihara sejak kelas 1 SMP sampai kelas 12. Saya beli Bobo itu di Pasar Jatinegara dengan harga 40 ribu tanpa kandang. Saya waktu itu sama nyokap saya ke Pasar Jatinegara karena nyokap saya pengen ternak ikan, jadi dia pengen beli ikan, eh saya liat kelinci, jadi saya merengek minta dibeliin dan jadilah Bobo. Sebagai kelinci tunggal alias ga ada sodara lagi selain dia seorang (karena gue beli nya satu), dia itu akrab banget sama gue. Oiya, si Bobo ini sepanjang hidupnya gapernah dikandangin. Alesannya? Karena kegedean. Iya, Bobo ini beratnya 3 kilo. Cukup gede lah untuk ukuran kelinci. Alhasil, Bobo ini keliaran di dalam rumah gue tiap pagi sampe sore jam 18:00. Kalau malem, Bobo ini gue masukin di dalem kamar kosong ga kepake yang ada dirumah gue. Ya tentunya, dengan minum, makanan dan tempat berak lah wkwk. Oiya meski di dalem rumah dan di lepas, Bobo ini ga berak dan pipis sembarangan. Dia cuma pipis sama berak di satu spot dan ga bau tuh. Orang bilang, berak kelinci itu bau, tapi kok Bobo enggak ya? Pipisnya juga ga bau. Ya bau sih, tapi baunya standart aja ga nyengat-nyengat amat, why gitu loh orang-orang pada lebay?

Alasan kenapa Bobo gue masukin di dalem kamar kosong saat malam adalah ya kelinci itu kan mahluk malam, kalo malem-malem tuh kelinci gue suka hobi keliling-liling gigitin kursi, tembok, meja dan apapun yang bisa digigit dia, termasuk pintu kamar gue. Jadi karena gue gamau tidur gue keganggu kalo dia gigit-gigit pintu, gue masukin dia di dalem kamar kosong. Ya ga kosong banget sih, di dalem kamar itu tuh ada meja sama kursi kayu dan kursi kecil bekas Parcel lebaran yang terbuat dari eceng gondok.

Dan kalian tau apa?

Kursi eceng gondok bekas parcel lebaran itu ludes dia abisin.

Mungkin dia kecium kali kalo ini dari tanaman eceng gondok, eh sama dia diabisin dong hehehe.

Bobo ini, lebih kayak sodara perempuan gue dibanding peliharaan saya. Saya itu, kalo belajar dulu pas sekolah, suka pake ruangan kamar kosong itu. Saya tinggal gelar karpet, taro beberapa bantal, yaudah saya belajar disitu sambil ditemenin si Bobo. Karena dia ga dikandangin, pas saya belajar, dia suka tiba-tiba datengin saya, kepo sama bau-bau kertas dan buku-buku saya. Kadang kalo berhasil alias ga ketauan saya, dia suka gigit buku saya. Jadi aja beberapa buku ada yang grepes sampulnya. Yaudah gapapa.

Oiya, Bobo itu punya satu fakta aneh yang sebenernya gaboleh di contoh oleh pemelihara kelinci manapun. Bobo itu suka ngemil. Iya ngemil, ngemil makanan manusia. Jadi, saya itu kan suka ngemil, pas si Bobo kecil, dulu dia suka saya taro di dalem kandang atau di taro diatas meja (waktu itu dia belom bisa turun dari meja, masih kecil). Nah di meja itu, saya suka ngemil makanin biskuit, makanin roti, makanin chacha, makanin apa aja yang saya suka ngemilin.

Awalnya, si Bobo ini gasuka sama cemilan saya, saya juga gapernah kasih sih. Jadi dia keliatnnya ga tertarik gitu loh sama cemilan saya. Dia makannya wortel, apel, selada, pelet, gitu aja muter-muter. Oiya, apelnya harus apel Jepang, saya pernah coba kasih apel Amerika dia gasuka. Eeh suatu hari, dia tiba-tiba kepo dong saya makan apa. Awalnya saya ga paham pas dia naek-naek ke tangan saya trus mau nyium-nyium biskuit saya. Tapi karena lagak-lagaknya dia pengen cobain cemilan saya, saya kasih, eh dia makan dan dia doyan.

Kalian tau biskuit keju yang tipis ga?
Ah daripada kelamaan, saya kasih aja nih potonya.

Iya, dia suka biskuit itu. Itu cemilan pertama dia. Tapi.........sejak itu, si Bobo jadi suka cemilan laen. Dia suka roti, dia suka singkong, dia suka chacha, dia suka mie goreng dong, dia suka biskuit, dia suka cheese stick, dia suka olahan daun macem bungkus ketupat, kalian tau kan? Itu kan dari daun, dimakan juga sama dia. Tiap kali saya ngemil, dia mau nyoba. Ga banyak-banyak sih emang, tapi istilahnya, dia harus nyoba. Apapun yang saya makan, dia harus nyoba.

Oke, si Bobo itu dasarnya emang agak tsundere. Kalian gatau tsundere tuh apa? Googling.

Saya pernah ga kasih cemilan saya karena emang sebenernya gaboleh kan kelinci makan cemilan, tapi si Bobo malah mogok makan gamau makan pelet. Trus dia marah, pas saya sodorin piring kecil yang isinya pelet, dia gigit piringnya abis itu peletnya di tumpahin di lantai, ditinggal. Emang dasar kelakuan kelinci barbar.

Semenjak itu, Bobo cuma mau makan pelet pas malem-malem. Sisanya? Ya kalo ga sayuran, cemilan. Tiap pagi, Bobo keluar kamar, harus ada cemilan. Kalau ga ada, dia bakalan ngamuk ngelemparin piring isi sisa pelet semalem sampe ada cemilan. Bobo kamarnya itu di deket dapur, jadi dia tuh kayak udah afal sama bau-bau masakan rumah.

Kalo nyokap saya masak tempe goreng, dia tau, dia langsung deketin nyokap saya minta nyicip masakan rumah. Saya ke kulkas, dia afal bunyi pintu kulkas, dia langsung samperin saya, minta cemilan di kulkas. Bobo juga afal suara motor nyokap saya. Tiap kali nyokap saya abis belanja, dia afal pas motor nyokap saya sampe rumah. Dia langsung lari ke depan pintu rumah, pengen liat belanjaan mama.

Nyokap saya juga gitu, sama aja. Tiap keluar, gapernah lupa buat beli cemilan si Bobo. Sampe-sampe kadang lupa beli sesuatu gara-gara nyari cemilan Bobo.

Meski terkesan barbar, Bobo diem-diem peduli sama saya. Saya inget, waktu itu nyokap saya lagi pergi. Saya sendirian di rumah, bener-bener sendirian, dan itu jam 8 malem, tiba-tiba mati lampu. Anjir, mana rumah nya gede, saya bingung nyari lilin atau senter dimana. Lampu emergency juga ga nyala, lupa di charge, alhasil saya kayak orang bego tereak-tereak di dalem rumah "Bobo! Bobo! Bobo sini bo!" 

Trus si Bobo dateng dong, bulu dia kan putih, rada keliatan tuh di kegelapan rumah. Jadi dia satu-satunya penerangan saya selama saya nyari senter.

Kejadian laen pas saya lagi mandi di kamar mandi kamar kosong nya Bobo, saya tiba-tiba kejatohan cicak dan reflek, saya tereak-tereak di kamar mandi. Ngedenger saya tereak, Bobo langsung samperin saya kayak ikutan panik. Tapi pas cicaknya pergi, saya kan tenang lagi tuh, si Bobo langsung pergi lagi kayak "ah dasar, gitu doang".

Iya, dia emang tsundere.

Bobo meski suka nyemil, dia juga suka sayuran. Dia suka selada air, suka kenikir sama suka bayam. Sebenernya, kelinci tuh gaboleh makan bayam, tapi si Bobo suka bayam, jadi saya kasih sedikit aja. Bobo juga suka beberapa buah macem apel sama cherry. Oiya dia juga suka makanin kelopak bunga. 

Bobo hobi gigit sana-sini. Dia pernah gigit earphone saya sampe putus 3 kali, pernah gigit kabel kulkas sampe meledak kulkas saya, tapi herannya dia ga kenapa-napa, pernah gigit buku saya, majalah saya, tembok (cat nya ga dimakan sih, di lepeh lagi sama dia), gigit kayu, lemari kayu jati dirumah saya sampe grepes gara-gara dia. Sebetulnya bukan karena dia pengen makan itu semua, tapi dia pengen ngasah giginya.

Buat yang gatau, gigi kelinci itu terus tumbuh. Iya, jadi gigi kelinci itu bisa panjang banget. Nah biar ga kepanjangan, kelinci suka ngasah gigi dia biar tajem dan pendek. Jadi kalo kalian punya kelinci, kalo dia gigit-gigit, jangan dilarang, soalnya perlu.


Bobo kalo kepanasan, suka tidur di depan pintu kamar mandi. Bodo amat mau ada aer kek, mau ada apa kek, dia pokoknya nyari tempat dingin. 


Karena udah di pelihara sedari kecil dirumah, Bobo ga begitu tertarik maen diluar. Kalo diluar panas, dia lebih milih tiduran dibawah kolong meja, dingin.

Bobo juga ga tertarik kawin dan herannya gapernah birahi (kayaknya).
Saya pernah melihara kelinci laen lagi, namanya Bocil, jantan.

Dan si Bobo selalu cuek ama dia. Gapernah mau maen bareng. Apalagi tertarik kawin.

Bobo itu kan mamalia, jadi dia datang bulan. Oiya, saya melihat loh datang bulannya Bobo. Ia, dia dapet kayak manusia aja. Tiba-tiba dirumah saya ada genangan merah (tapi ga semerah darah manusia sih, lebih cerah gitu, semi-semi oren) dan saya panik dong. Saya kira Bobo kenapa, taunya dia lagi datang bulan. Bobo itu datang bulan ga selalu tiap bulan. Kadang dua bulan sekali, kadang 3 bulan sekali, jadi ga se sering manusia, tapi ya darahnya itu banyak. Pas pertama kali datang bulan, Bobo cuma meringkuk aja di kamar, kayanya gaenak badan apa gimana. Saya coba pijetin badan dia dan dia diem aja. Ga lama setelah datang bulan, Bobo mulai tumbuh tete. Ya gimana sih, kayak cewek ABG aja deh.

Setelah itu, tiap datang bulan Bobo gapernah ngerasa gaenak badan lagi sih. Mungkin itu karena pertama kali, jadinya dia gaenak badan. Tapi haha ya seneng aja, kapan lagi liat mamalia datang bulan? Oiya, dia itu bukan berarti kalo datang bulan, tiap jalan kesana kemari darahnya keluar ya. Darahnya tuh keluarnya ga kayak manusia yang terus menerus. Kadang tuh sekali tapi banyak banget, trus berenti selama beberapa jam, trus ntar keluar lagi, gitu. Lama nya datang bulan Bobo sekitar 1-3 hari deh. Ga semingguan kok. Darahnya juga ga bau. Bagian pantatnya Bobo juga dia bersihin sendiri jadi kalian yang punya kelinci betina dan datang bulan, gausah ngelap bagian vital dia ya.

Dan Bobo itu meninggal tahun 2015. Karena udah ketuaan. Saya sedih banget pas tau Bobo meninggal tuh. Bobo itu total usia nya 7 tahun, tapi kalau di manusia in, usia Bobo itu sama kayak 56 tahun di umur manusia. Iya, saya merawat Bobo dari bocah sampe nenek-nenek. Harusnya Bobo bisa idup sampe 10 - 12 tahun, tapi yaah tuhan telah berkehendak.

Bobo itu binatang peliharaan yang membekas banget di hati saya. Saya kira awalnya dia gabakal hidup lama (waktu pertama kali beli), taunya dia paling berarti buat saya ehehehe.

0 komentar:

Post a Comment

A call-to-action text Contact us