:::: MENU ::::

Tuesday, August 8, 2017


Bagi siapa saja yang baru aja menggeluti dunia Fotografi biasanya akan langsung sibuk mencari kamera yang bagus beserta dengan lensa-lensanya. Apalagi kalau pas udah mau beli di embel-embeli kata "pro, extreme" dll kesannya bikin kita pengen skip aja bagian milih-milih memory asalkan gambarnya bisa di save, udah cukup.
Jarang yang sibuk mengenal "memory card" alias si media penyimpanan maha penting yang harus ada di setiap kamera.

Ya percuma dong, udah ada kamera nya tapi memorinya ga ada wkwk.

Memory card, meski kedengarannya cuma sebagai media penyimpanan, ternyata memiliki jenis yang beragam. Jenis-jenis ini alangkah lebih baik dikenali biar ga salah beli dan menyesal di kemudian hari wkwk.

Yuk langsung aja kenalan


1. SD
SD Card atau SD adalah singkatan dari Secure Digital. Ingat ya, Secure Digital, bukan Sandisk wkwk
Sandisk mah nama merek nya. 
Memory card jenis SD ini adalah jenis memory card yang paling umum dijumpai. Kelebihan jenis Memory Card  ini adalah kompatibel dengan banyak jenis kamera.
Kenapa saya bilang begitu?
Karena biasanya ada jenis memory card  yang kompatibel nya dengan merek-merek tertentu. Nah SD Card ini adalah yang paling kompatibel dengan banyak jenis kamera.
SD Card sebenarnya tidak hanya digunakan untuk kamera.
SD Card juga biasa dipakai di laptop, perangkat game,

2. SDSC
SDSC adalah singkatan dari Secure Digital Standart Capacity. Sebenarnya, SDSC ini termasuk dalam jenis Memory Card SD, namun jenisnya berbedaGa jauh beda sama SD Card, Memory Card jenis SDSC ini sama-sama berguna sebagai penyimpan data, hanya saja space nya lebih besar.
Memory card SDSC ini memiliki space paling besar 4GB. Yaa.....sebenarnya sih, kalau dibandingan dengan space yang suka beredaran dipasaran sekarang, 4GB mah masih biasa aja, ga gede-gede amat. Makanya, SDSC ini merupakan "anaknya" si SD Card, karena space si SDSC ini lebih besar daripada ibunya dulu, si SD Card.
Memory card SDSC ini memakai file system FAT16.

3. SDHC
SDHC adalah singkatan dari Secure Digital High Capacity. Sama-sama "anaknya" SD Card, kapasitas yang ditawarkan SDHC ini lebih besar maksimal 32GB.
Memory card SDHC ini memakai file system FAT32.

4. SDXC

Masih dari "anaknya" SD Card, SDXC atau kepanjangannya Secure Digital eXtended Capacity hadir dengan kapasitas yang lebih gede lagi yaitu maksimal 2TB atau 2 Tera Byte. 
Tapi, karena jenis Memory Card ini masih "rada lumayan baru", otomatis ga semua komputer atau barang-barang elektronik lain ini bisa memakai SDXC Card ini. 
Mengapa?
Karena SDXC Card ini memakai sistem yang dinamakan exFAT.
Jadi semisal kamu punya komputer yang masuk dalam generasi sebelum Windows Vista dan Linux, kamu akan butuh update khusus atau aplikasi Thrid-Party.

5. CF
CF disini merupakan singkatan dari Compact Flash. Kalau tadi kita kenalan sama SD Card dan anak-anaknya, maka kali ini kita kenalan sama "tetangga nya" SD Card. Yap, CF Card bukanlah "anak" dari SD Card.
Kenapa CF Card lahir?
Sejarah gampangnya adalah, SD Card dulu adalah memori yang "lumayan lambat" dan kecil space.
Maka, untuk menunjang kebutuhan yang lebih besar dan cepat (sebelum SD Card beranak dan melahirkan SDSC dkk), maka kamera-kamera yang lebih profesional menggunakan si CF Card ini.
Bisa diliat, sebagai "tetangga" maka si CF Card ini memiliki bentukan yang berbeda dengan SD Card.

6. XD
Nah kalau yang ini bisa dibilang "tetangga" SD Card juga. XD adalah singkatan dari Xtreme Digital. XD Card ini adalah keluaran Fujifilm. Nah, seperti yang tadi saya singgung di pembahasan mengenai SD Card, khusus untuk XD Card ini, kamu hanya bisa memakainya di produk Fujifilm aja.
Jadi semisal kamu punya kamera Canon, jangan beli XD Card ya hehe percuma, ga bakal kepake.
Kecuali kalau kamera kamu Fujifilm (denger-denger Olympus juga bisa sih) nah baru bisa kepake deh XD Card ini.

7. Memory Stick Duo
Kalau yang satu ini merupakan keluaran Sony. Biasanya suka ada di portabel-portabel game Sony nih. Karena dirilis udah lumayan lama dan space yang ditawarkan Memory Stick Duo ini ga gede-gede amat, membuat kehadirannya di pasaran agak jarang. Tapi saya pernah ketemu jenis memory ini pas dulu SD punya PSP, nah pake Memory Stick Duo ini deh.
Di tahun 2003, Memory Stick Duo ini mendapatkan perbaikan yaitu lahirlah Memory Stick PRO.

8. MicroSD
Akhirnya kita ketemu dengan "cucu nya" SD Card, yaitu MicroSD. Sesuai dengan judulnya, MicroSD ini size nya lebih kecil. Biasanya ada di hape-hape juga. Kapasitas maksimalnya (setau saya) belom ada yang sampe 1 TB. Maksimal sekitar 500GB an gitu deh. Tapi karena kecil dan kapasitasnya lumayan, membuat Memory Card ini akhirnya menjadi favorit dan standart industri de facto.

1 comment:

A call-to-action text Contact us