:::: MENU ::::

Tuesday, May 21, 2019


Halo para pembaca, selamat pagi
Saat ini, dunia broadcasting menjadi salah satu profesi favorit bagi para pencari kerja (job seeker). Namun, masih banyak yang belum tahu atau belum punya dasar apa sih broadcasting itu dan apa saja hal-hal yang harus dikuasai sebelum terjun ke dunia kerja yang erat hubungannya dengan broadcasting.
Kali ini saya akan membahas tentang Broadcasting dari awal.
Yuk klik readmore!


Buat yang belom tau, saya sendiri sudah menggeluti dunia broadcasting kalo di pikir-pikir 7 tahun.
Sewaktu sekolah, saya mengambil jurusan broadcasting sebagai jurusan saya dan kuliah saya juga ambil broadcasting sebagai jurusan kuliah saya, jadi kalo dipikir-pikir sih 7 tahun.

Pengalaman kerja saya sendiri saya pernah magang di salah satu production house ketika di SMK (tapi magang nya hanya 1 bulan waktu itu) di salah satu production house (PH) bernama Amanah Surga Production atau yang disingkat AS Production. Waktu itu saya kedapetan magang di "Mak Ijah Pengen ke Mekkah", sekitar tahun 2014 an ya kalau ga salah.

Pengalaman kedua saya, saya magang lagi di radio MSTRI FM di Jakarta Barat. Sebetulnya itu radio punya Universitas Trisakti, saya magang 2 bulan sebagai videographer.

Oke, jadi pertama-tama saya akan jelasin soal media dulu.
Seperti yang kalian denger, media itu terdiri dari dua yaitu : media cetak dan media elektronik.

1. Media
Media berasal dari kata "medius", artinya "perantara" atau "pengantar". Sehingga dapat disimpulkan bahwa media merupakan penyaluran informasi atau pesan. 

2. Media Cetak
Media cetak adalah alat atau perantara informasi yang berbentuk cetak. Contoh media cetak adalah koran, majalah, surat kabar, intisari dsb nya

3. Media Elektronik
Media elektronik adalah alat atau perantara informasi yang berbentuk elektronik. Contoh media elektronik adalah radio, televisi, internet dsb nya.

Masing-masing bentuk media memiliki kelebihan dan juga kekurangan. Namun, kelebihan dan kekurangan itu justru dapat saling melengkapi informasi yang disampaikan. 

Pengertian Broadcasting Televisi
Jika dibandigkan dengan surat kabar maupun radio, usia broadcasting televisi termasuk yang paling muda. Keberadaan siaran televisi pertama kali muncul pada 17 Agustus 1962 lewat Televisi Republik Indonesia (TVRI), menampilkan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke 17.

"Broadcasting merupakan suatu kegiatan, di dalam cara menyampaikan pesan, ide, hasrat kepada khalayak dengan menggunakan fasilitas frekuensi. Dengan kata lain, dunia broadcasting adalah stau kegiatan yang penyiaran yang dilakukan oleh seorang penyiar"

Dalam broadcasting, semua media itu saling berkaitan. Antara media cetak, internet, televisi, radio, surat kabar bahkan media sosial media macem instagram, whatsapp, line dsb nya itu saling berkaitan. Jadi, semisal kalian punya pengalaman di salah satu dunia di atas, selamat, kalian sudah punya 1 pengalaman di salah satu profesi media. Dan bila kalian udah punya salah satu pengalaman tersebut, hal itu menjadi lebih mudah ketika kalian ingin mencoba menjajal profesi broadcasting lain dari lain media.

Misal nih,  kalian hobi jadi youtuber, jelas kalian disitu pasti belajar editing, audio, menjadi pembawa acara bagi channel youtube kalian sendiri. Modal-modal kecil itu nantinya akan berguna semisal kamu tiba-tiba ingin bekerja di televisi (jadi host misalnya). 

Atau, kalau kamu hobi menulis cerita (fanfiction misalnya) kamu juga bisa mengembangkan hobi tersebut menjadi penulis naskah. Naskah dalam dunia broadcasting, biasanya naskah iklan, naskah berita, naskah film (baik film panjang maupun film pendek) dan sebagainya. Tapi nih, info aja, semisal kalian bener-bener hobi, demen banget, nulis fanfiction, coba deh sekali-kali tulis cerita original kamu sendiri (yang karakternya kamu ciptakan sendiri). Karena nih, kalau kamu bikin karakternya sendiri, story line nya sendiri, maka ke kreativitas an kamu akan lebih terlihat dan orang yang melihat profile kamu akan lebih yakin dengan bakat kamu sebagai penulis. 

Atau semisal kamu ga demen bikin cerita, tapi suka gambar, itu juga bisa jadi modal kamu untuk kerja di broadcasting. Kamu bisa kembangkan hobi gambar kamu buat bikin setting panggung, setting on air dan sebagainya.

0 komentar:

Post a Comment

A call-to-action text Contact us