:::: MENU ::::

Wednesday, September 4, 2013


Bagi pecinta musik JPOP, atau suka dengan lagu-lagu dari penyanyi Jepang, pasti udah ga asing lagi dengan penyanyi yang satu ini, Utada Hikaru.
Banyak yang tahu Utada Hikaru lewat lagunya My First Love yang rilis di awal tahun 2000 an, padahal perlu saya akui, lagu-lagu Utada Hikaru yang lain juga enak di dengar.
Berikut kisah saya + rekomendasi saya untuk Utada Hikaru.

Saya pertama kali denger lagu Utada Hikaru ketika iseng-iseng mencoba membeli album penyanyi asia ketika saya berusia 12 tahun (kelas 6 SD). 

Waktu itu pengetahuan musik saya hanya sebatas lagu-lagu Indonesia dan lagu-lagu barat. Karena penasaran, saya memutuskan untuk membeli sebuah album yang penyanyinya saya tidak tahu sama sekali. Diantara banyak tumpukan CD & kaset, saya ditanya oleh seorang pegawai mana musik yang saya inginkan. Saya menjawab lagu asia, lalu dia memberikan saya rekomendasi lagu-lagu dari penyanyi rock Jepang (waktu itu saya belum tahu dia siapa, tapi sekarang saya ingat, saya di rekomendasikan album dari band Larc En Ciel).

Saya bertanya genrenya dan pegawai tersebut berkata "Rock"
Saya bukannya membenci rock, tapi saya rasa, untuk percobaan pertama, saya akan memilih lagu Jepang yang genrenya POP.

Saya kemudian melirik album ini :

Distance

Album ini rilis sekitar tahun 2001 dan waktu saya membeli album ini, sekitar tahun 2008-2009.
Cukup ketinggalan jauh, tapi menurut saya tidak apa-apa karena saya hanya coba-coba.

Waktu itu saya tidak tahu siapa itu Utada Hikaru, apakah dia penyanyi terkenal atau bukan, saya tidak tahu seperti apa suaranya, tapi entah mengapa saya memutuskan membeli kaset albumnya. Saya ingat sekali saya membelinya dengan harga 20ribu (kaset). Ibu saya terkejut ketika saya menyodorkan album ini dan mengatakan bahwa ini barang yang saya inginkkan, namun kemudian ibu saya tetap membelikan itu.

Sesampainya dirumah, saya memutar kaset Utada Hikaru ini di walkman.
Kalian masih inget walkman kan? wkwk Jaman dulu belum terlalu populer MP3 player, jadi saya masih memahadewakan walkman wkwk.

Begitu dengar lagunya, diluar dugaan, Utada menyanyi dengan sangat baik. Saya langsung jatuh cinta begitu mendengar tracklist Wait & See dan Can You Keep A Secret. Saya nyaris menyukai seluruh lagu dalam album tersebut. Namun yang paling saya suka adalah tracklist berjudul Time Limit.

Berkat Utada Hikaru, akhirnya saya mulai jatuh cinta dengan lagu-lagu Jepang, terutama lagu-lagu Utada Hikaru. Saya kemudian mulai mencari info lebih lanjut tentang Utada Hikaru, disitu saya mengetahui bahwa ia merupakan diva sukses Jepang yang sudah merambah dunia tarik suaranya ke US. Tidak heran mengapa albumnya ada di negara saya hehe.

Ibu saya kemudian bertanya apakah lagu Utada Hikaru yang albumnya baru saya beli ini enak, saya menjawab dan mengatakan lagu-lagunya sangat enak dan langsung bisa saya terima dengan baik.

Tidak lama kemudian, saya membeli albumnya yang lain berjudul :

Heart Station

Album ini adalah album Utada yang rilis sekitar tahun 2007. Album Utada Hikaru yang paling baru tahun itu. Begitu mendengar lagu-lagunya, saya kembali menyukai album tersebut meski saya perlu akui genrenya sedikit berbeda dengan Album Utada Hikaru Distance yang rilis ditahun 2001. Saya pribadi lebih menyukai genre di album Distance, tapi album Heart Station saya cukup menyukainya juga. 

Membeli dua album Utada berturut-turut dan menyukainya, saya yakin saya akan menyukai karya-karya dia selanjutnya. Saya pun mulai mendengarkan lagu-lagu Utada Hikaru yang lebih lawas, seperti di album First Love, saya menyukainya kembali, sepertinya saya memang ditakdirkan akan selalu menyukai lagu dari penyanyi ini.

Ada banyak lagu yang saya suka, namun yang paling saya sukai sampai detik ini adalah :
- Time Limit (album Distance)
- Wait & See (album Distance)
- Can You Keep A Secret (album Distance)
- Automatic (album First Love)
- Flavor of Life (album Heart Station)
- Prisoner of Love (album Heart Station)
- Nichiyou no Asa/Sunday Morning (album Ultra Blue)

Kalau kalian memang ingin mencoba mendengar lagu Jepang untuk pertama kalinya, saya merekomendasikan Utada Hikaru sebagai pilihan yang tepat untuk mencoba mendengarkan lagu Jepang :)

Baca Juga : Ayumi Hamasaki

0 komentar:

Post a Comment

A call-to-action text Contact us